Implementasi Sistim Opera Terhadap Pelayanan Kepada Tamu di Front Office Hotel Borobudur Jakarta

  • Hendaris Adriyanto JIHS
  • Muhamad Haekal
Keywords: front desk agent, property managament system, pelayanan tamu

Abstract

Penelitian ini fokus kepada sistim opera yang banyak digunakan sebagai hotel sistem pada banyak hotel, termasuk diantaranya adalah hotel borobudur jakarta. Sistim ini memberikan banyak fitur untuk proses cek in, tamu menginap sampai tamu cek out. Namun dalam perjalanannya banyak fitur-fitur yang tersedia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh front desk agent yang menyebabkan pelayanan kepada tamu menjadi tidak maksimal. Dimana masih sangat tergantungnya front desk agent untuk mencari tahu lewat staf lain dibanding menggunakan fitur yang tersedia. Yang tentu saja berdampak pada pelayanan kepada tamu. Penelitian ini dilakukan di hotel borobudur jakarta. Teknik pengumpulan data dibagi  menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan saat penulis melakukan internship. Sedangkan data sekunder didapatkan dengan metode studi kepustakaan dan media elektronik seperti internet. Hasil penelitian deskriptif menunjukkann bahwa belum maksimalnya kinerja front desk agent dalam memanfaatkan seluruh fitur yang ada di sistim opera yang menyebabkan pelayanan kepada tamu tidak memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
How to Cite
Adriyanto, H., & Haekal, M. (2023). Implementasi Sistim Opera Terhadap Pelayanan Kepada Tamu di Front Office Hotel Borobudur Jakarta. Emerging Markets : Business and Management Studies Journal, 10(1), 19-27. https://doi.org/10.33555/embm.v10i1.207
Section
Articles