Implementasi Sistim Opera Terhadap Pelayanan Kepada Tamu di Front Office Hotel Borobudur Jakarta
Abstract
Penelitian ini fokus kepada sistim opera yang banyak digunakan sebagai hotel sistem pada banyak hotel, termasuk diantaranya adalah hotel borobudur jakarta. Sistim ini memberikan banyak fitur untuk proses cek in, tamu menginap sampai tamu cek out. Namun dalam perjalanannya banyak fitur-fitur yang tersedia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh front desk agent yang menyebabkan pelayanan kepada tamu menjadi tidak maksimal. Dimana masih sangat tergantungnya front desk agent untuk mencari tahu lewat staf lain dibanding menggunakan fitur yang tersedia. Yang tentu saja berdampak pada pelayanan kepada tamu. Penelitian ini dilakukan di hotel borobudur jakarta. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan saat penulis melakukan internship. Sedangkan data sekunder didapatkan dengan metode studi kepustakaan dan media elektronik seperti internet. Hasil penelitian deskriptif menunjukkann bahwa belum maksimalnya kinerja front desk agent dalam memanfaatkan seluruh fitur yang ada di sistim opera yang menyebabkan pelayanan kepada tamu tidak memuaskan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Emerging Markets : Business and Management Studies Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.